Thursday, January 27

Cara Mengindentifikasi Crop Circle

Crop Circle - Sleman, DIY

Banyak orang berkomentar tentang "siapa" pembuat Crop Circle. Yang terbaru berada di Sleman, D.I Yogyakarta yang berada di area persawahan. Sudah banyak ahli yang berbicara mengenai siapa dan bagaimana objek seni itu di buat. Tetapi sampai saat ini belum diketahui dengan pasti siapa pembuatnya. Mau tau cara mengetahui siapa pembuat crop circle?
Banyak orang berbeda pendapat tentang siapa "pembuat" crop circle. Ada yang menganggap dibuat oleh UFO, oleh Manusia bahkan karena objek itu berada di tanah jawa ada yang mengatakan dibuat oleh mahluk gaib (klenik).

Berbagai cara yang dilakukan oleh masing-masing pihak untuk mengindentifikasi guna mengetahui siapa sesungguhnya yang "iseng" merusak tanaman pertanian tersebut. Mulai dari mengukur diameter untuk mengetahui ke-simetrisan objek, hingga "meneliti" robohan dan patahan/tekukan yang terjadi pada tanaman padi yang ada.

Hasilnya mereka mengungkapkan bahwa crop circle yang ada di sleman dibuat oleh Manusia.

Pertanyaannya adalah objek tersebut dibuat berapa orang? Dengan alat apa? Datangnya dari arah mana?

Menurut hemat saya, cara jitu dan tidak membutuhkan peralatan super canggih guna mengidentifikasi crop circle adalah:
  1. Identifikasi jalur2 kedatangan (tapak kaki, atau kendaraan yang mungkin digunakan) di sekitar objek dengan radius 5-100 meter.
  2. Identifikasi rute-rute yang "mungkin" digunakan untuk membentuk objek. Dilihat dari pohon-pohon padi yang masih tegak.
Jika "mereka" menggunakan pematang untuk berjalan, tentu akan meninggalkan telapan meskipun samar. Dan tentu saja rumput yang kemungkinan terinjak akan dapat diketahui.

Jadi jika terdapat apak/bekas kaki maupun kendaraan (seperti yang kita kenal), jelas crop circle yang ada di sleman merupakan buatan manusia. Tetapi jika hal itu tidak ditemukan maka kita boleh menduga yang lain. Yang jelas objek tersebut ada yang membuatnya.

Bukankan sudah banyak hal yang tiba-tiba ada sejak zaman dahulu.

Hmm...bagaimana menurut anda?

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com