Tuesday, October 12

The Important of Map

Tahukah anda seberapa pentingnya peta? Bagaimana peta bisa menjadi penting? Bukankan itu hanya sebuah gamnbaran saja?

Bagaimana anda bisa membayangkan Indonesia? Tentu setelah anda mengetahui bentuk dan letak pulau-pulaunya. Darimana bentuk dan letak itu di sajikan? Itu lah peta. Dengan peta saya, anda, kita tahu bagaimana letak dan gambaran lokasi dan pulau yang kita tempati.

Dengan peta kita dapat mengetahui dimana kita berada, ada apa di sebelah barat, utara, timur, selatan tempat kita berada. Dari pandangan kecil tersebut saja kita sudah mengetahui manfaat dari peta. Bagaimana manfaatnya dengan skala lebih besar lagi, propinsi bahkan negara skalipun, peta akan sangat bermanfaat.

Kita nampak seperti orang "bodoh" di tengah orang ideot. Ketika kita dihadapkan pada pertanyaan tentang seberapa dan seperti apa wilayah kita. Dimana batas-batasnya hingga berapa luasnya. Jika kita tanpa bukti dan data lantas mengatakan bahwa wilayah kita seperti ini, lokasinya disini dan di sana, luasnya sekian dan sekian. Lantas siapa yang akan percaya, anak-anak saja sekarang sudah jarang yang percaya dengan cerita dongeng apalagi mereka yang garam saja sudah tersa tidak asin lagi.

Selanjutnya bagaimana sekarang? Ya di mulai. Kalau hanya ngobral dan ngobrol sana-sini kapan kita akan mampu berbicara dengan data dan fakta. Sudah menjadi hoby barang kali, jika ada masalah "kita" selalu ngobrol yang ujung-ujungnya malah saling tuduh dan saling menyalahkan.

Semoga saya segera tahu dan bisa menggunakan peta yang lengkap untuk negaraku. Jika ditanya kemana saja saya pernah pergi, saya akan bercerita di atas peta yang bangsa saya miliki. Tentu akan berbeda jika saya hanya bercerita tanpa anak saya mengetahui letak dan posisinya.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com