Saturday, April 17

Memejamkan mata sejenak


Memejamkan mata sejenak. Rasanya perlu kita lakukan meski sesaat. Saat fikiran terasa penuh di kepala. Saat masalah tak kunjung selesai. Saat tantangan makin besar di depan mata. Saat itulah memejamkan mata sesaat dapat menjadi obat.

Rasakan dan hayati ketika mata kita terpejam. Kita dapat menjangkau sesuatu jauh di depan dan juga sesuatu yang jauh telah kita lewati. Semakin dalam kita memjamkan mata, dan semakin kita menghayati dan merasakan apa yang kita hadapi maka semakin jauh pula kita jangkau fikiran dan secercah harapan di depan. Pejamkan mata Anda sejenak, maka sesuatu yang besar akan kita dapatkan.


Tentu kita pernah mengalami sesuatu yang menegangkan dan menyesakkan. Terlebih sesuatu yang menyangkut beban dan tantangan hidup. Kita hidup bukan makin menjauh dari masalah, tapi sesungguhnya makin mendekati masalah. Coba Anda pejamkan mata Anda sekarang, bayangkan ketika Anda mulai mengenal teman sekitar, mulai mengenal bangku sekolah, mulai mengenal lawan jenis, mulai membina keluarga, saat mendidik anak-anak, ketika menunggu hasil kerja keras, saat menanti ajal.

Pernahkan kita menjauh dari masalah? Justru kita menemui masalah-masalah baru, dan makin lama makin berat. Dan memang itu sudah menjadi suratan kita sebagai manusia. Semakin bertambah usia kita, maka beban yang kita tanggung makin besar, sehingga makin besar juga masalah yang kita hadapi.

Ketika desakan makin besar, maka halaan nafas kadang menjadi obat sesaat. Untuk mencapai dan menemukan celah-celah harapan memejamkan mata dapat di lakukan. Pejamkan mata Anda sejenak, telusuri lorong-lorong waktu. Telusuri celah-celah masalah dan telusuri lobang-lobang jalan keluar yang mungkin dapat di lewati.

Meski tidak menyelesaikan masalah sebanyak 100%, paling tidak kita bisa menghela nafas sejenak dan melepaskan masalah untuk sesaat dengan harapan dan rencana baru. Tak ada yang bisa kita lakukan selain mencari solusi untuk selanjutnya. Sekali lagi pejamkan sejenak mata Anda, temukan suasana yang indah yang akan menyelesaikan masalah Anda.

Dari mata, kita dapat melihat masalah, dan dari mata kita bisa menyelesaikannya.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com