Tuesday, April 20

Aku di atas "kamu" di bawah


Seismic. Itulah pekerjaan yang saya lakukan sekarang. Lebih tepatnya bagian support, untuk menyiapkan lintasan dengan posisi yang tepat dan benar. Sederhana memang, tetapi fatal akibatnya jika apa yang kita sajikan tidak benar.

Sesuai namanya "seismic", yaitu survei untuk mencari minyak dan gas. Dengan sistem peledakan dan perekaman. Bagaimana sih sebenernya survei lintasan di seismic?


Tahapan pekerjaan di dalam survei ini adalah Penyiapan lintasan (topografi), pengeboran (drilling) dilanjut preloading (pengisian sumber getar) dan diakhiri oleh rekording (perekaman).

Seperti tahapan di atas, topografi menjadi pioner. Menjadi contoh untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Ya...itulah topografi. Yang membuka jalan termasuk mencari jalan.



Saat ini yang menjadi tantangan adalah tambang batu bara sekelas ADARO. Perjanjiannya adalah seismic tidak akan mengganggu aktifitas produksi ADARO. Wah..wah..wah...berarti kita bekerja berdampingan dengan mesin-mesin yang besar. Biasa kita berhadapan dengan kayu dan parang (kadang-kadang), sekarang berhadapan dengan mesin-mesin besar yang gak bisa di "kandani". Kalau sudah melaju ya tetap melaju, paling-paling cuma ngerem dikit.

Aku di atas kamu di bawah. Itulah slogan untuk seismic. Kita sibuk dan berusaha di atas untuk mengetahui yang ada di bawah. Kira-kira serumit yang di atas gak ya di pekerjaan ke bawah itu?

Jika dilihat dari pengalaman, di atas itu ada : masyarakat, mesin-mesin, tanaman produktif, fasilitas umum & pribadi, hujan, panas, tebing, jurang, gunung, rawa, semak, belukar, duri, jebakan hewan, dan masih adalagi yang gak sanggup saya sebutkan.

Ketika menghadapi area terbuka, tim topografi akan berdecak, wah bisa lari-lari ini, produksi hari ini bisa buat makan sebulan. Itu untuk area normal, tetapi di ADARO - terbuka memang- jangankan mau lari...baru melihat saja rasanya dah capek...panas iya terus mau lewat musti ekstra hati-hati...mau lewat tebing musti cari jalan yang landai...wah tantangan berat nih...sekaligus memacu otak dan adrenalin.

Semoga sukse topo-q di bumi ADARO.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com